Rusia Segera Membangun Enam Kapal Selam Improved Kilo

Rusia kemungkinan akan mulai membangun enam kapal selam diesel elektrik Kilo Project 636,3 (Kode NATO: Improved Kilo) untuk Armada Pasifik Rusia pada tahun 2017, ungkap sumber di sektor pertahanan dan industri, Jumat. “Keputusan akan dibuat dalam waktu dekat, pembangunan (kapal selam konvensional Project 636,3) mungkin akan dimulai pada tahun 2017,” kata sumber itu.
Kilo Class
Kilo Class
Kepala Departemen Pembangunan Kapal Angkatan Laut, Kapten Vladimir Tryapichnikov mengatakan sebelumnya Type lain dari kapal selam diesel elektrik Project 636,3 akan dibangun untuk Armada Pasifik. Menurut dia, desain kapal selam akan ditingkatkan dan konstruksinya akan dimulai dalam waktu dekat.

Namun, Angkatan Laut Rusia belum memutuskan galangan kapal mana yang akan membangun enam kapal selam untuk Armada Pasifik tersebut.

Kapal selam diesel elektrik Project 636,3 adalah kapal selam generasi ketiga yang desainnya berasal dari Project 877 dan 636. Memiliki jejak akustik yang rendah, kecepatan terendam 20 knot, daya tahan 45 hari, berat total sekitar 4.000 ton, dan awak yang lebih dari 50 orang.

Kapal selam Project 636,3 dilengkapi persenjataan sistem rudal Kalibr yang terdiri dari rudal jelajah anti kapal 3M-54 dan 3M-541 dan rudal jelajah serang darat 3M-14 dan dilengkapi peralatan radio elektronik yang canggih.(Navyrecognition)
kilo class
kilo class
Kapal selam Project 636,3 pernah meluncurkan serangan rudal jelajah Kalibr ke basis ISIS di Suriah. Pembangunan 6 kapal selam Improved Kilo ini juga dikarenakan keterlambatan kapal selam Lada class memperkuat Angkatan Laut Rusia.