Alasan Keburu Ketinggalan Zaman, Indonesia Cuma Beli 10 Su-35

Indonesia masih meneruskan rencana untuk tetap membeli jet tempur Su-35. Tetapi kabar terakhir Angkatan Udara hanya akan mendapatkan 10 pesawat, tidak 12 seperti yang dikatakan sebelumnya.

Menteri Pertahanan Jendral Ryamizard Ryacudu mengatakan dirinya pada Maret akan bertandang ke Rusia untuk menjadi pembicara di Satuan Pertahanan Rusia. Selain itu, kunjungan itu dalam rangka membeli pesawat Sukhoi yang memang sudah menjadi rencana strategis 2016.
Su-35
Su-35
“Ya saya kesana. Saya yang tanda tangan. Kita beli 10 saja,” katanya sebagaimana dikutip republika.co.di Selasa 9 Februari 2016.

Kenapa hanya membeli 10?  “Enggak usah banyak-banyak, nanti keburu ketinggalan zaman. Kalau sudah ada yang baru lagi kan kita jadi bisa update,” ujar Ryamizard saat ditemui id di Kantor Menkopolhukam Sebanyak 10 pesawat akan dibeli Indonesia menggunakan dana APBN 2016.

Ryamizard mengatakan selain membeli, Indonesia dan Rusia juga menjalin kerja sama transfer knowledge atau transfer pengetahuan dengan mengirimkan beberapa anggota TNI untuk sekolah di Rusia.