Menanti Skuadron Dambuster yang Akan Lahir Kembali

Skuadron legendaris dari Royal Air Force (RAF) Inggris, Dambusters secara resmi telah ditutup pada Maret 2014 lalu. Tetapi kini ada harapan skadron yang 71 tahun lalu membuat serangan yang tercatat dalam sejarah sebagai salah satu serangan udara paling mengagumkan itu akan hidup lagi.

Bernama asli Skadron 617 pernah melakukan misi malam hari yang sangat spekatuler untuk menghancurkan bendungan MohneEder dan Sorpe yang menjadi kunci kekuatan Jerman di Hitler di Ruhr Valley pada tahun 1943. (Tentang operasi Dambusters baca: dambusters)
Dambusters
Personel terakhir di Skadron Dambusters
Misi terakhir yang mereka laksanakan adalah misi terakhirnya di atas Afghanistan dengan Tornado GR4. Statistik kinerja mereka juga mengagumkan dengan mengakumulasi 188 misi dan lebih dari 1500 jam terbang .

Tetapi karena persoalan ekonomi skadron ini ditutup hingga akhirnya pemerintah Inggris berencana menghidupkan kembali. Tak tanggung-tanggung, F-35 Lighting II akan menjadi pesawat baru mereka. Diharapkan pada 2018 skadron legendaris ini akan bisa terbang lagi.

Misi terakhir benar-benar membuat personel skadron berduka. Dalam artikel yang diterbitkan di situs RAF Mark Jackson, salah satu anggota skadron itu mengatakan: Saat aku melangkah turun dari pesawat untuk terakhir kalinya emosi saya campur aduk. Sedih luar biasa karena skadron ini telah menorehkan prestasi yang luar biasa pula. Saya yakin bahwa Dambusters asli (yang melakukan serangan ke Jerman) merasakan kepedihan yang sama.

Tornado GR4 yang jadi tunggangan terakhir Skadron Dambusters
Tornado GR4
Tornado GR4 yang jadi tunggangan terakhir Skadron Dambusters
Seperti operasi Dambuster, di Afghanistan dalam misi terakhir mereka menirunya yakni dengan terbang rendah dan cepat. Dan memang itulah kelebihan mereka. Dambusters yang secara resmi dibubarkan pada bulan Maret, tapi kemudian ada rencana untuk mereformasi unit sebagai yang pertama Lightning II Skuadron RAF pada tahun 2018 , menyediakan semua masalah dengan STOVL Amerika (Short Take Off Veritical Landing ) siluman jet akan dipecahkan pada saat itu.

Komandan Wing Arthurton sedang menunggu Dambusters untuk kembali , saat ia mengatakan “Semangat dan etos Skadron terkenal ini tidak diragukan lagi akan bertahan karena embarks pada bab berikutnya,” katanya.

0 Comment "Menanti Skuadron Dambuster yang Akan Lahir Kembali"

Posting Komentar