Korea Utara Kembangkan Rudal Balistik Berbasis Kapal Selam

Korea Utara sepertinya terus mengembangkan kekuatan militer mereka. Setelah berkali-kali melakukan uji rudal, negara tersebut menunjukkan sinyal tengah mengembangkan sistem senjata baru yang mampu meluncurkan rudal balistik berbasis kapal selam.

Sinyal itu ditangkap dari data yang dikumpulkan intelijen Korea Selatan. Mereka mengaku telah mendeteksi tanda-tanda bahwa Korea Utara mengembangkan tabung peluncuran rudal vertikal untuk kapal selam.
Rudal kapal selam
Korea Utara Meluncurkan Uji Coba Rudal Balistik Kapal Selam
Juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel Kim Min-Seok mengatakan pada konferensi pers reguler Senin 15 September 2014, bahwa kapal selam kelas-Golf 3.000 ton Korut dapat dimodifikasi untuk menembakkan rudal balistik jarak menengah.”Namun, belum ada informasi yang dikonfirmasi bahwa kapal-kapal selam Korut mampu meluncurkan rudal balistik dalam operasi,” kata Kim menekankan.

Armada kapal selam Korea Utara sebenarnya tidak terlalu kuat. Meski memiliki sejumlah kapal selam, tetapi kebanyakan adalah kapal kecil yang tua peninggalan era Soviet serta kapal selam China.

Lembaga AS-Korea di Johns Hopkins University mengatakan pada Juni bahwa Korut tampaknya telah memperoleh salinan berbasis laut rudal jelajah Rusia. Ahli pengawas senjata Jeffrey Lewis dari think-tank AS mengatakan rudal itu akan menandai “tambahan baru dan berpotensi mendestabilisasi” dalam persenjataan militer Korea Utara.

Dia mengidentifikasi senjata itu sebagai salinan yang diproduksi Rusia, KH-35 – satu anti-kapal rudal jelajah laut yang dikembangkan selama tahun 1980-an dan 90-an.