Helikopter AH-64E Guardian Akan Segera Dikirim Ke Korea Selatan

Boeing mengadakan upacara peluncuran helikopter AH-64E Apache Guardian di Mesa, Arizona, pada Senin (waktu setempat), dihadiri oleh perwakilan dari Angkatan Darat Korea Selatan dan Defense Acquisition Procurement Administration (Dapa).

Helikopter nantinya akan dikirim dahulu ke Angkatan Darat AS untuk penerbangan uji dan mulai dikirim ke Korea Selatan pada semester pertama tahun depan, ungkap pejabat Dapa.
Helikopter AH-64E Guardian
Helikopter AH-64E Guardian
Dapa menandatangani kontrak senilai US $ 1,6 miliar dengan AS dalam program Foreign Military Sales atau penjualan peralatan militer asing pada 2013 untuk membeli 36 helikopter serang berat AH-64E, seri upgrade dari AH-64D Longbow.

AH-64E adalah helikopter dengan persenjataan lebih kuat, lebih hemat bahan bakar, lebih lincah, peningkatan teknologi blade rotor, improved aircraft handling, dan kemampuan terbang yang lebih tinggi. Helikopter juga dilengkapi dengan sistem perbaikan kesadaran situasional pilot dan kemampuan serang pada target yang lebih kecil.

” Helikopter Apache Guardian akan sangat mendongkrak kemampuan serang militer kami dengan mengganti helikopter tua yang saat ini masih beroperasi,” kata Baek Yoon-hyeong, kepala tim bisnis penerbangan Dapa.

Seperti pernah diulas di JKGR, 36 Helikopter serang berat AH-64E Apache Guardian kelak akan bergabung dengan helikopter serang ringan LAH sebagai kekuatan Helikopter serang masa depan Korea Selatan.