5 Senjata India Yang Harus Ditakuti China

China dan India bukanlah tetangga yang baik. Kedua  negara ini berada dalam zona tidak nyaman dalam hubungannya bertahun-tahun. Perlombaan senjata antara kedua negara juga jelas terlihat. China telah mengembangkan sejumlah teknologi perang yang membahayakan semua negara.Tetapi India juga tidak kalah. Dan inilah lima senjata India yang wajib ditakuti China

1. IND Vikramaditya
Kapal Selam India
Kapal Induk Buatan India, ins vikramaditya seatrial
Kapal Induk Buatan India, ins vikramaditya seatrial
 Kapal induk India menjadi peralatan militer pertama yang harus ditakuti China. Kapal yang dibeli drai Rusia ini memasuki layanan Angkatan Laut India pada tahun 2013 dan saat ini bisa disebut sebagai bangsa operator terbaru dan paling kuat. Kapal ini ini diperkirakan bisa membawa 30 MiG-29K atau jet tempur Tejas dan 12 helikopter untuk operasi tempur. Pesawat ini akan meningkatkan radius armada India dalam melakukan tindakan. Jika dikerahkan melawan China, Vikramaditya berpotensi meluncurkan blokade untuk memotong rute pengiriman China.

Kekuatan udara ofensif juga bisa digunakan terhadap armada China mencoba mendobrak blokade. “Jika India dan China masuk dalam pertempuran nyata akan bertempur di laut,” kata Mizokami. Yang harus menjadi catatan sebagian besar impor minyak China harus melewati Samudera Hindia. Angkatan Laut India memiliki lebih banyak pengalaman dalam operasi carrier, karena mereka mulai beroperasi operator pertama mereka pada tahun 1961.

2. PAKFA TA-50
Jet siluman super sonic India
Jet siluman super sonic India
 Memang masih dala fase pembangunan. Tetapi China tidak bisa meremehkan pesawat ini nanti dan harus melakukan antisipasi sejak sekarang. Ini adalah pesawat generasi kelima yang sedang dibangun bersama Rusia yakni PAK-FA Rusia. Dengan alat tempur ini maka memungkinkan Angkatan Udara India untuk bersaing dengan F-22 Amerika dan J-20 China yang sama-sama pesawat siluman generasi kelima. Dengan kekuatan ini China bisa menyeimbangkan kekuatan udaranya dengan China di masa yang akan datang.

3. Rudal Brahmos
Rudal Brahmos produksi India
Rudal Brahmos produksi India
 Mizokami menyebut rudal antikapal milik India ini juga harus mendapat perhatian China. Dengan kecepatan hingga Mach 3, Brahmos merupakan ancaman rudal besar untuk PLA. China akan punya sedikit waktu untuk menangani rudal ini ketika sudah diluncurkan. Mizokami mengatakan China harus benar-benar membangun pertahanan udara mereka dengan baik karena hanya butuh hitungan detik untuk mengantisipasi Brahmos.

4. Kapal Perusak Kelas Kolkata
INS Kolkata
Kapal Perusak Kelas Kolkata
 Sistem senjata keempat dalam daftar ini Kolkata. Menurut Mizokami kapal ini mampu menyediakan pertahanan udara seperti Vikramaditya. Penting bagi China untuk menyadari kapal ini dipersenjatai dengan rudal Brahmos 16. Perusak dapat beroperasi secara independen sebagai raider perdagangan dan bisa berpotensi berbahaya untuk pelayaran Cina.

5. Kapal Selam Arihant
Arihant Submarine
Kapal Selam Arihant
Sistem persenjataan India terakhir yang tidak bisa dianggap main-main adalah kapal selam rudal balistik kelas Arihant. Kapal ini tidak hanya memberi ancaman bagi kapal perang PLA yang beroperasi di laut terbuka tetapi mengancam kawasan darat China. Dengan membawa 12 rudal K-15 yang berdaya jangkau 3.500 kapal ini bisa memberi pukulan langsung ke Beijing dari perairan India.