Indo Defence 2016: Tank Medium Marder RI Menjadi Solusi Cost-Effective

Rheinmetall Landsysteme dari Jerman telah membawa Tank Medium Marder RI (Republik Indonesia) ke Indo Defence 2016.

Tank Marder 1 merupakan kendaraan tempur infanteri (IFV) yang diproduksi untuk Angkatan Darat Jerman antara tahun 1971 dan 1975, sedangkan yang terbaru dari versi 1A5 IFV akan tetap digunakan hingga beberapa tahun mendatang. Perusahaan telah menjual kelebihan upgrade Marder 1A3 IFV ke Chili dan Indonesia.
Rheinmetall Landsysteme Marder 1
Rheinmetall Landsysteme Marder 1
Tank Medium RI pada dasarnya merupakan upgrade dari platform Marder 1A3 yang dilengkapi dengan tiga turret Oto Melara (Leonardo) Italia HITFACT. Peningkatan paling signifikan dalam platform ini adalah atap garis mengangkat untuk memberikan volume yang lebih internal, upgrade mesin diesel MTU, yang sekarang menjadi 690hp, peningkatan suspensi untuk meningkatkan mobilitas, dan paket armor modular.

HITFACT turret dipersenjatai dengan 105mm rifled gun fitted yang dilengkapi dengan selongsong termal, asap extractor, moncong rem dan moncong sistem referensi. Sebuah senapan mesin 7.62mm (MG) dipasang co-aksial dengan persenjataan utama dan jika diperlukan, 7.62mm MG bisa dipasang di atap.

HITFACT merupakan menara yang telah terbukti dan sudah diinstal pada Centauro (8×8) mobile gun system yang saat ini digunakan oleh Italia, Yordania, dan Spanyol. Menara ini dilengkapi dengan sistem pengendalian kebakaran terkomputerisasi (FCS) digabungkan untuk menstabilkan komandan dan memberikan pemandangan bagi penembak, yang keduanya memiliki saluran siang/termal dan laser rangefinder.

Tank Medium Marder RI tidak akan terlibat tank tempur utama lainnya; Peran utamanya adalah untuk mendukung pergerakan dan penurunan infanteri menggunakan senjata 105mm, yang dapat menembakkan berbagai jenis amunisi.

Rheinmetall percaya bahwa Tank Medium Marder 1 RI adalah solusi biaya-efektif untuk Indonesia, karena kendaraan dapat dikirimkan sekitar dua tahun setelah kontrak diberikan dan Tentara Nasional Indonesia sudah akrab dengan platform dasar Marder 1A3.

Platform upgrade yang sama digunakan untuk Tank Medium Marder 1 RI juga digunakan untuk aplikasi lain dan telah terbukti dalam kendaraan lapis baja pengangkut personel (APC) configuration fitted dengan sebuah Kongsberg remote weapon station (RWS) dipersenjatai dengan 0,50 M2 HB MG. (IHS Janes)

0 Comment "Indo Defence 2016: Tank Medium Marder RI Menjadi Solusi Cost-Effective"

Poskan Komentar