Antasena, Tank Boat Buatan Pindad Seharga Sekitar 10 Juta Euro

Dalam ajang Indo Defence 2016, PT Pindad (Persero) memperkenalkan produk terbarunya, yaitu Antasena. Produk kapal tank 105 mm ini merupakan hasil kerja sama antara Pindad dengan perusahaan lokal PT Laudin Industry Invest dan CMI Defence asal Belgia.

Direktur Komersial PT Pindad, ?Widjajanto, mengatakan bahwa Antasena rencananya baru akan diproduksi secara komersial pada tahun depan. Saat ini, pihaknya masih terus melakukan penyempurnaan terhadap kemampuan dan peralatan tank boat tersebut.
Tank Boat buatan PT Pindad.
Tank Boat buatan PT Pindad. (©2016 merdeka.com/Syifa Hanifa)
?”Harga estimasi 10 juta-15 juta Euro. Peminat mulai antri, peminat dalam negeri seperti TNI, dan luar negeri dari Timur Tengah,” ujar Widjajanto, seperti dilansir liputan6.com pada Rabu (2/11).

Widjajanto mengatakan bahwa pihaknya masih merahasiakan negara-negara peminat tank boat tersebut karena pembeliannya melalui skema government to go?vernment.

?Tank boat yang terbuat dari komposit dengan platform kapal catamaran ini memiliki panjang 18 m dan mampu beroperasi di perairan dangkal dan laut dalam. Berbekal mesin diesel buatan MAN, Antasena mampu melaju hingga kecepatan 40 knot dan memiliki daya jelajah 400 nautical mile (NM).?

Pindad menggandeng CMI Defence yang memasang turret 105 mm untuk sistem persenjataannya. Selain itu, Antasena juga dibekali dengan sistem persenjataan lain seperti remote control weapon system (RCWS) dengan kaliber 7.62 mm dengan sistem nadir dan navigasi canggih. (liputan6)

0 Comment "Antasena, Tank Boat Buatan Pindad Seharga Sekitar 10 Juta Euro"

Poskan Komentar