Wujud Prototype Tank Boat Untuk Indo Defence 2016

Gambar di atas merupakan prototype Tank Boat yang sedang disiapkan untuk pameran Indo Defence 2016 yang akan digelar di Jakarta, 2 hingga 5 November 2016. Selama ini kita hanya melihat konsep atau desain dari tank boat. Tapi setelah melihat fisik nyata Tank Boat lewat foto yang diunggah oleh pr1v4t33r di forum Defence.Pk, bisa dikatakan alutsista ini keren. Bayangkan saja, kapal cepat yang dipersenjatai dengan meriam yang bisa juga diisi amunisi berupa rudal.

Tank Boat X18 adalah catamaran inovatif, cepat, stealth, yang memiliki manuver yang sangat handal dengan menyediakan platform senjata yang stabil untuk dukungan tembakan langsung jarak dekat dan jarak jauh di wilayah pesisir dan sungai yang biasanya tidak dapat diakses.
Prototype Tank Boat X18, (Gambar : Pr1v4t33r/Defence.pk)
Prototype Tank Boat X18, (Gambar : Pr1v4t33r/Defence.pk)
Dilengkapi dengan mesin diesel performa tinggi dan propulsi water jet serta konfigurasi lambung kembar, memberikan kapal ini kemampuan yang baik dalam gelaran di laut dan sekaligus keuntungan di perairan dangkal. Tank Boat bisa digunakan untuk operasi pantai dan pendaratan di sungai serta mampu mengangkut Pasukan Khusus atau Marinir hingga 20 orang prajurit. Tank Boat X18 memiliki 4 awak, dan juga membawa RIB Interdiction kecepatan tinggi untuk boarding dan penyisipan SEAL.

Sistem yang dipilih untuk X18 adalah meriam Cockerill Maintenance & Ingénierie Cockerill 3105 high pressure dengan berbagai pilihan amunisi disesuaikan dengan situasi taktis. Dengan meriam 105 mm yang merupakan standar NATO, tank boat memiliki jangkauan tembakan antara 50 meter – 5000 meter dan sampai 10.000 meter jika menggunakan tembakan tidak langsung.

Meriam 105mm juga mampu menembakkan Cockerill Falarick 105 Gun Launched Anti-Tank Guided Missile (GLATGM). Dengan sudut elevasi + 42 derajat memberikan kemampuan luar biasa dalam situasi yang kompleks. GLATGM memungkinkan penembakan dengan jangkauan yang lebih jauh (sampai 5 km).

Pemasangan sistem ini memungkinkan fleksibilitas dalam logistik dengan berbagai kaliber yang umum digunakan standar NATO dan kekuatan militer besar lainnya. Ini adalah pertama kalinya beberapa perusahaan membuat sistem kapal catamaran dalam ukuran kecil, cepat, stealth dengan draft hanya 1 meter, yang membuatnya cocok untuk operasi pesisir. XI8 dapat ditambah dengan Bofors LEMUR Remote Weapons Systems digabungkan GPMG / Cannon 7.62 – 30 mm. (TankBoat.com)

0 Comment "Wujud Prototype Tank Boat Untuk Indo Defence 2016"

Poskan Komentar