Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Laut Gelar Uji Coba Kendaraan Amfibi

Pada hari Kamis (27/10) kemarin, Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Laut (Dislitbangal) menggelar uji coba kendaraan amfibi di kolam rampa Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Jawa Timur. Uji coba tersebut untuk mengetahui kelaikan kendaraan amfibi dalam manuver di darat maupun di air.

Kendaraan amfibi ini merupakan proyek Dislitbangal yang dikerjakan oleh Letkol Mar Citro Subono bekerja sama dengan PT. Fiberboat.
TNI Angkatan Laut menggelar uji coba kendaraan amfibi
Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Laut menggelar uji coba kendaraan amfibi di kolam rampa Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (27/10/2016). (defence.pk/anas_nurhafidz)
Letkol Mar Citro menjelaskan bahwa kendaraan amfibi ini berfungsi sebagai raid amfibi cepat dengan sasaran yang jauh di darat, mengangkut bekal untuk re-supply pasukan depan, ambulance amfibi, mobil komunikasi amfibi dan mobil komando.

Menurutnya, kendaraan ini juga bisa digunakan untuk SAR banjir, kendaraan organik KRI standby di KRI dan untuk kendaraan pangkalan membantu fungsi pangkalan yang banyak menghadapi dua alam.
TNI Angkatan Laut uji coba kendaraan amfibi
TNI Angkatan Laut uji coba kendaraan amfibi
Kendaraan amfibi Dislitbangal ini memiliki panjang 10 meter, lebar 2,5 meter, tinggi 3,1 meter dan bobot 6,7 ton. Daya muat kendaraan amfibi yaitu 3 orang kru, 16 orang penumpang dan 500 kg barang. Saat di air, roda darat kendaraan ini bisa dilipat ke atas seperti pesawat.
TNI Angkatan Laut uji coba kendaraan amfibi
TNI Angkatan Laut uji coba kendaraan amfibi
Kendaraan amfibi ini menggunakan mesin darat Isuzu NKR 71, 5100 CC, 125 PS, 4×4, serta dua mesin cummins mercruiser 220 HP, jenis diesel commonrail, stem drive propeller. Dengan spesifikasi tersebut, kendaraan ini mampu mencapai kecepatan 12 knot di air dan 80 km per jam di darat.

Kegiatan uji coba kendaraan amfibi ini disaksikan langsung oleh Sekdislitbangal Kolonel Laut (T) Aris Krisnadjaja didampingi oleh Letkol Laut (T) Noor Fauzy R dan Letkol Laut (E) Muhamad Nurul Adib. (Koran Sindo)

0 Comment "Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Laut Gelar Uji Coba Kendaraan Amfibi"

Poskan Komentar