Vietnam Mulai Operasikan Sistem Rudal Pertahanan Udara SPYDER

Pengguna internet China mengungkapkan lokasi situs pertahanan udara SPYDER Vietnam. Situs tersebut ditempatkan di sebelah barat Bandara Internasional Cam Ranh yang sebelumnya merupakan lokasi situs rudal pertahanan SA-3.

Sebelumnya pada bulan Juli 2016 Vietnam menerima sistem rudal pertahanan udara SPYDER dari Rafael Advanced Defense System Israel.
Vietnam SPYDER
Situs pertahanan udara SPYDER Vietnam
SPYDER (Surface-to-air PYthon and DERby) adalah sistem pertahanan udara reaksi cepat yang menggunakan kombinasi rudal anti pesawat jarak dekat dan jarak menengah. SPYDER mampu menyasar beragam sasaran udara seperti pesawat tempur, helikopter, rudal jelajah, drone dan amunisi berpandu. SPYDER mampu menembakkan rudal Phyton dan Derby, dua rudal tercanggih dalam arsenal persenjataan Israel.
Vietnam SPYDER
Situs pertahanan udara SPYDER Vietnam
Ada dua varian dari sistem pertahanan SPYDER, yakni SPYDER-SR (jarak dekat) dan SPYDER-MR (jarak menengah). Kedua sistem mampu beroperasi di segala cuaca. SPYDER-SR menggunakan radar EL / M-2106 ATAR sedangkan SPYDER-MR menambahkan radar EL / M-2084 MMR, radar yang sama yang digunakan oleh sistem Iron Dome Israel.

Phyton 5 adalah salah satu rudal udara-ke-udara jarak dekat terbaik di dunia. Rudal memiliki kemampuan mengunci setelah diluncurkan (lock-on after launch-LOAL). Menggunakan sistem bimbingan electro-optical infrared homing canggih yang memungkinkan rudal mengunci dan mengejar targetnya yang bermanuver ke segala arah. Pada penggunaan di pesawat tempur, Phyton dapat ditembakkan meski target ada di belakang pesawat.

Sedangkan Derby adalah rudal udara-ke-udara menengah hingga jangkauan 50 km. Derby dapat mengunci sebelum diluncurkan (lock-on before launch-LOBL) ataupun mengunci setelah diluncurkan (lock-on after launch-LOAL).

Dengan sistem bimbingan radar aktif dan improved target accuracy radio frequency(RF), radar Derby juga mampu mengunci dan menembakkan rudal untuk menyerang sasaran yang terbang rendah menyusuri permukaan bumi. Berkemampuan fire and forget, rudal dilengkapi kemampuan electronic counter countermeasures (ECCM) untuk menghadapi target yang memiliki kemampuan jammer elektronik. Selain Israel dan Vietnam, negara pengguna SPYDER lainnya adalah Singapura dan India.

0 Comment "Vietnam Mulai Operasikan Sistem Rudal Pertahanan Udara SPYDER"

Poskan Komentar