Tingkatkan Kekuatan, Indonesia Jajaki Pinjaman Amerika Serikat

Kantor berita IHS Janes melaporkan bahwa satu delegasi yang terdiri dari lima orang perwira Angkatan Laut Indonesia (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut/TNI Angkatan Laut) saat ini berada di Amerika Serikat untuk mengeksplorasi kemungkinan memasuki program Washington’s foreign military financing (FMF) guna mendanai upgrade pangkalan Angkatan Laut di Laut Cina Selatan.
Presiden RI Jokowi
Presiden RI Jokowi
Delegasi yang diundang oleh Washington’s Distinguished Visitor Orientation Tour (DVOT) ini juga akan melakukan kunjungan di beberapa kota untuk mempelajari instalasi Angkatan Laut Amerika Serikat dan fasilitas pelatihan termasuk Quantico di Virginia dan San Diego di California. Kunjungan yang berlangsung selama dua minggu ini akan selesai pada akhir bulan September 2016.

Saat ini, pemerintah Indonesia sedang melakukan upgrade fasilitas TNI Angkatan Laut di Ranai, Pulau Natuna Besar. Hal ini dilakukan guna mendukung penyebaran yang lebih besar bagi kapal-kapal di wilayah Laut Cina Selatan.

Sebuah transkrip dari pertemuan antara Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, dan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada bulan Februari lalu, mengungkapkan bahwa Indonesia berencana untuk membangun pangkalan kapal selam ketiga di pulau terdepan Indonesia.

Selain meningkatkan basis di Laut Cina Selatan, hasil pertemuan FMF juga direncanakan dapat memberikan upgrade bagi pangkalan Angkatan Laut di Piabung, Lampung. Lokasi tersebut berada di dekat Selat Sunda, yang merupakan garis laut utama komunikasi nusantara. (IHS Janes)

0 Comment "Tingkatkan Kekuatan, Indonesia Jajaki Pinjaman Amerika Serikat"

Poskan Komentar