Tampilan Baru Helikopter Kepresidenan Republik Indonesia

Walaupun tetap menggunakan helikopter jenis Super Puma L-2 AS-332, namun ada sesuatu yang berbeda dari helikopter Kepresidenan Republik Indonesia. Hal ini seperti terlihat ketika Presiden Joko Widodo mengunjungi Kabupaten Garut menggunakan helikopter skuadron 45 itu.

Helikopter Kepresidenan itu dicat baru dengan dominasi warna biru pada bagian atas, dan merah putih pada bagian bawah. Paduan warna tersebut menjadikannya mirip dengan warna cat pesawat kepresidenan Boeing Business Jet (BBJ).

“Betul, itu heli Kepresidenan Jenis Super Puma L-2 (AS 332) dicat dengan warna sama dengan BBJ,” ujar Sekretaris Militer Presiden Joko Widodo, Marsekal Muda TNI Hadi Tjahjanto seperti dilansir detikcom pada Jumat (30/9).
Helikopter Kepresidenan Republik Indonesia
Helikopter Kepresidenan Republik Indonesia
Sebelumnya, helikopter dengan nomor ekor H-3204 dan bendera merah putih itu berwarna putih dan abu-abu. Helikopter tersebut kemudian dicat ulang di PT. Dirgantara Indonesia pada bulan Juli lalu.

“Sudah kita gunakan untuk mendukung Presiden terbang dari Situbondo-Juanda dalam rangka meninjau Latihan Armada Jaya, dari Madiun ke Pondok Gontor, dan dari Bogor menuju Garut kembali landing di Lapangan Monas,” ujar Marsekal Muda TNI Hadi Tjahjanto.
Helikopter Kepresidenan Republik Indonesia
Helikopter Kepresidenan Republik Indonesia
Helikopter Kepresidenan dioperasikan oleh Skuadron Udara 45 yang merupakan Skuadron angkut khusus VIP/VVIP yang berada di bawah Wing Udara 1, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Skadron udara ini digunakan Presiden maupun Wakil Presiden untuk kunjungan kerja ke daerah, yang secara keseluruhan pemeliharaannya berada di bawah Kementerian Sekretariat dan pengoperasian pesawat di bawah koordinasi Sekretariat Militer Presiden. (detik)

0 Comment "Tampilan Baru Helikopter Kepresidenan Republik Indonesia"

Poskan Komentar