Saab Tawarkan Transfer Teknologi Radar Pada India

GOTHENBURG – Perusahaan Pertahanan dan Dirgantara Swedia, SAAB Group berencana untuk memperkenalkan radar tempur terbaru di India. Mereka juga siap menawarkan transfer teknologi penuh di bawah program “Dibuat di India”.

“SAAB sebagai pemasok radar akan menawarkan dan mentransfer radar teknologi tinggi untuk jet tempur”, kata Lars Tossman, Wakil Presiden dan Kepala unit bisnis Airborne Surveillance, SAAB.

SAAB, yang memproduksi jet tempur Gripen, bersedia untuk memproduksi bersama radar AESA (Active Electronically Scanned Array) Gallium Nitrida (GaN) terbaru dengan perusahaan pertahanan India, Tossman menambahkan.
Swedia Saab Jas Gripen
Swedia Saab Jas Gripen
“Idenya adalah untuk melengkapi pengalaman industri India untuk menciptakan sistem radar tempur di masa depan bersama-sama dengan SAAB”.

Awal tahun ini, SAAB mengadakan serangkaian pertemuan dengan pejabat tinggi dari Departemen Pertahanan dan Angkatan Udara untuk bersama-sama mengembangkan teknologi jika pemerintah India menyetujui produksi Gripen di negara tersebut.

SAAB adalah perusahaan pertama yang mengembangkan dan menyebarkan radar AESA Gallium Nitrida. SAAB juga telah menerima pesanan radar tersebut untuk program pesawat tempur lain di seluruh dunia.

SAAB juga telah menawarkan program ini kepada India bersama dengan program pengembangan jet tempur ringan Tejas. Namun, Kementerian Pertahanan India masih belum menanggapi tawaran itu, ujar Tossman.

GaN (Gallium Nitrida) adalah bahan semi-konduktif yang saat ini telah sedang dikembangkan secara intensif. Area penggunaannya meliputi lampu LED dan komponen Blu-ray, namun sekarang juga sedang telah diterapkan ke dalam aplikasi microwave dalam industri militer.
Swedia Gripen Radar
Swedia Gripen Radar
Teknologi mutakhir ini sudah termasuk dalam anggota baru dari keluarga besar radar permukaan SAAB, yang diluncurkan pada tahun 2014 silam.

GaN memberikan efisiensi daya lebih baik, dengan keluaran daya lebih besar dan merupakan bahan yang lebih kuat sebagai desain chip. Hal ini memungkinkan jangkauan lebih panjang melalui output dan keandalan yang lebih baik.

Dalam pengawasan udara, SAAB sudah terlibat dengan program Dhruv India untuk spektrum penuh Sistem Perlindungan Diri Terpadu. Pengiriman sistem ini telah berjalan sejak tahun 2012. Pada program tersebut, SAAB sepenuhnya mendukung transfer teknologi dalam pemeliharaan dan produksi.

0 Comment "Saab Tawarkan Transfer Teknologi Radar Pada India"

Poskan Komentar