Sambut Ulang Tahun Kim Jong un, Korut Gerakkan Rudal Musudan

Korea Utara diduga telah mengerahkan satu atau dua rudal balistik jarak menengah Musudan yang juga dikenal sebagai Rodong-B atau BM-25 ke di pantai timurnya.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengutip sumber-sumber pemerintah Kamis 14 April 2016 melaporkan tudal-rudal yang terlihat di daerah kota pelabuhan timur Wonsan.
Musudan
Rudal Musudan
“Mengingat fakta, Korea Utara kemungkinan untuk melakukan peluncuran rudal ketika ulang tahun Kim Il-sung,” kata satu sumber Yonhap. Ulang tahun pemimpin muda itu jatuh pada Jumat 15 April 2016.

Jika Korea Utara meluncurkan rudal Musudan pada hari Jumat ini maka Pyongyang akan pertama melakukan uji peluncuran BM-25.

Pada awal Januari, Korea Utara berhasil melakukan uji bom hidrogen, menempatkan satelit ke orbit yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB. Pada bulan Maret, Korea Utara melakukan beberapa peluncuran roket pendek dan jarak menengah.

Menanggapi aktivitas terbaru Korea Utara, Korea Selatan dan Amerika Serikat telah meluncurkan latihan militer besar-besaran di wilayah tersebut. Latihan akan berlangsung hingga April 30 meliputi latihan serangan melawan rudal dan fasilitas nuklir Korea Utara. Pyongyang telah menyebut latihan itu sebagai provokasi.

0 Comment "Sambut Ulang Tahun Kim Jong un, Korut Gerakkan Rudal Musudan"

Poskan Komentar