RPG-7, Sebuah Dealer Kematian

Rocket Propelled Grenade (RPG)-7 adalah salah satu senjata paling mematikan di planet ini. Ketenarannya telah bersaing dengan Kalashnikov, senapan serbu yang begitu legendaris dan dipakai di mana-mana.

“Peluncur roket anti-tank RPG-7 adalah salah satu senjata infanteri paling umum dan paling efektif dalam konflik kontemporer,” tulis Lester Grau, analis  U.S. Army’s Foreign Military Studies Office di Fort Leavenworth dan penulis The Bear Went Over the Mountain: Soviet Combat Tactics in Afghanistan.
RPG-7
RPG-7
“Senjata ini sangat tangguh, sederhana dan mematikan. Dia telah menembak helikopter Black Hawk AS di Somalia, peledakan tank Rusia di Chechnya, atau menyerang titik kuat penguasa di Angola. RPG-7 adalah senjata pilihan bagi banyak infanteri dan gerilyawan di seluruh dunia. ”

Untuk tentara Amerika, senjata ini juga telah menjadi mimpi buruk di hari-hari paling mematikan ketika mereka di Afghanistan. Pada 6 Agustus 2011, gerilyawan Taliban menembakkan tiga putaran RPG pada sebuah CH-47 Chinook. Menurut pejabat militer AS yang menyelidiki kecelakaan itu, putaran kedua menghantam salah satu dari tiga bilah rotor belakang helikopter, menghancurkan rotor belakang.
RPG-7
RPG-7
Helikopter itu jatuh kurang dari lima detik kemudian, menewaskan seluruh penumpang yang berjumlah 38 orang termasuk 25 pasukan khusus Amerika, lima US Army National Guard dan Angkatan Darat Cadangan, tujuh pasukan Afghanistan dan satu penerjemah Afghanistan. Satu anjing militer AS juga tewas dalam kecelakaan itu.

Hilangnya nyawa lebih dari 19 personel militer AS pada tahun 2005 dalam Operation Red Wings-sebuah operasi yang digambarkan dalam film Lone Survivor juga terjadi ketika sebuah helikopter Chinook ditembak jatuh oleh RPG ini.

Ruchnoy Protivotankovyy Granatomyot-7 atau yang kurang lebih berarti peluncur granat genggam anti-tank, Type 7 adalah keturunan langsung dari peluncur rudal panggul, senjata yang muncul dalam Perang Dunia II seperti M-9 Bazooka Amerika dan Panzerfaust Jerman.

Senjata terdiri dari muzzle loaded, tabung berdiameter 40 millimeter dengan panjang sekitar satu yard sejumlah roket, granat termasuk anti-tank dan fragmentasi putaran ledak tinggi.

Dilengkapi dengan pemandangan optik, peluncur memilik berat sekitar 15 pound. Memiliki jangkauan efektif maksimum sekitar 300 yard pada target bergerak dan sekitar 500 yard pada target stasioner.

Sangat mudah digunakan, operator beban granat, menekan tuas memiringkan di bagian belakang peluncur pistol grip, bertujuan dan kebakaran senjata. Berikutnya, biaya mesiu penguat menyemburkan putaran RPG dari tabung, penembak roket dan sirip yang membantu laju granat pada target.

Ketika menghantam senjata ini bisa membakar baja baja setebal 500 milimeter. Benar-benar sebuah neraka dari senjata seharga sekitar US$ 900 dan berbiaya US$100 satu putaran.
RPG-7
RPG-7
Hampir sembilan juta RPG-7 telah menyebar di seluruh dunia dan setiap benua termasuk Australia. Meskipun Rusia telah memproduksi sangat tinggi, Bulgaria, Cina, Iran, Irak, Rumania dan Pakistan juga tetap membuat sendiri.

Tak heran RPG-7 sering disebut Kalashnikov-nya senjata anti-tank. Mudahnya mengoperasionalkan RPG ini bahkan seorang dari suku Afghanistan atau bajak laut Somalia dapat belajar menembakkan senjata ini hanya dalam 20 menit.

Senjata ini tidak hanya digunakan untuk menghancurkan kendaraan lapis baja, tank dan helikopter. Kendaraan sipil, bangunan tempat tinggal, bunker, dan pesawat menjadi target yang tidak aman dari sengatan RPG ini.

Bertahan dari RPG juga sangat sulit. Kendaraan lapis baja harus menggunakan apa yang disebut “armor slat,” plat baja atau lapisan penambah yang dipasang di daerah vital kendaraan yang berfungsi meledakkan RPG sebelum menyentuh langsung lapisan inti kendaraan.

Kebanyakan helikopter terbuat dari logam ringan seperti aluminium honeycomb. Hal ini tidak praktis untuk armor Chinooks dan Black Hawks. Sebaliknya, pilot belajar untuk menggunakan manuver yang berbeda dan untuk menghindari pola-pola tertentu saat terbang untuk membuatnya lebih sulit bagi operator RPG-7 untuk menembak jatuh mereka.

Tetapi meski telah mengembangkan jurus ini tetap saja mereka tidak bisa lolos sepenuhnya. Sejumlah perkiraan menunjukkan bahwa Amerika Serikat kehilangan hingga 100 pesawat di Afghanistan dan Irak karena RPG ini.

Dengan tingkat keberhasilan seperti itu, RPG-7 benar-benar telah menjadi pembunuh yang murah tapi efektif untuk senjata teknologi tinggi seperti helikopter dan tank. Wajar jika penyebarannya juga gila-gilaan. (War is Boring)

0 Comment "RPG-7, Sebuah Dealer Kematian"

Poskan Komentar