Perusahaan Pemasok Mesin Pesawat Tempur KF-X Dipilih Bulan Ini

Produsen pesawat Korea Selatan – Korea Aerospace Industries (KAI) berharap bisa menuntaskan pilihan perusahaan pemasok mesin untuk pesawat tempur KFX pada akhir April.

Pembuat mesin Eurojet Turbo GmbH asal Eropa dan perusahaan General Electric (GE) dari AS bersaing untuk bisa menjadi bagian dari program Korea Fighter Experimental (KF-X).
KF-X/IF-X
KF-X/IF-X (Grafik: militerhankam.com)
“Kami sedang dalam pembicaraan dengan dua perusahaan (dan berharap) bisa memilih pemasok mesin untuk program Korea Fighter Experimental (KF-X),” kata seorang pejabat KAI. “Satu perusahaan pemasok mesin akan dipilih pada akhir bulan ini”.

Korea Selatan berusaha memproduksi 120 pesawat tempur bermesin ganda di bawah program KF-X yang diperkirakan akan menelan biaya sekitar 18 triliun won (US$ 16 miliar). Seoul berencana untuk menyebarkan pesawat tempur KFX mulai pertengahan tahun 2020 untuk menggantikan armada F-4 dan F-5 yang sudah menua.

Lembaga pengadaan senjata Korea Selatan (DARPA) berencana untuk menyelesaikan desain dasar pesawat tempur KFX pada bulan September tahun depan dan menyelesaikan desain rinci pada Januari tahun 2019.

AS berjanji untuk mentransfer beberapa teknologi pesawat tempur untuk Proyek KF-X, tapi Seoul menghadapi tantangan untuk menemukan alternatif lain setelah Washington menolak transfer empat teknologi inti. (DefenceWorld)

0 Comment "Perusahaan Pemasok Mesin Pesawat Tempur KF-X Dipilih Bulan Ini"

Poskan Komentar