Militer Rusia Mulai Uji Coba Tank Generasi Terbaru T-14 Armata

MOSKOW - Militer Rusia dilaporkan sudah mulai melakukan uji coba generasi terbaru dari tank Armata, yakni T-14. Uji coba ini akan menentukan apakah tank kebanggaan Rusia itu akan siap untuk digunakan, atau tidak.

"Kelompok uji coba tank Armata T-14 sedang menjalani tes pasukan. Ini merupakan tahap terakhir sebelum tank ini dimasukan ke dalam layanan militer, dan pengiriman seri ini mulai dilakukan," kata wakil kepala Uralvagonzavod, perusahaan pembuat tank Armata, Alexey Zharich.
T-14 Armata
T-14 Armata
"Tes Armata yang berlangsung sesuai jadwal, tidak ada masalah. Pengiriman seri  ini mungkin akan mulai dilakukan segera setelah klien kami meningingkan tank ini untuk dikirimkan. Saat ini militer sedang melakukan uji coba dengan menggunakan 20 tank," sambungnya, seperti dilansir Itar-tass pada Jumat (15/4).

Tank tempur T-14 diketahui dipersenjatai dengan meriam smoothbore 125 mm yang dapat menembakkan amunisi bertenaga tinggi, termasuk membuang proyektil, peluru kendali, dan jenis-jenis amunisi lain. Tenaga dari moncong meriam tank itu lebih besar daripada meriam pada tank Leopard Jerman.

Sedangkan menurut US Foreign Military Studies Office (FSMO), tank tempur T-14 dapat mempertahankan diri dari serangan apapun. Bahkan helikopter Apache yang paling modern tidak akan memiliki kesempatan 100 persen untuk menghancurkan tank itu dengan rudal.

Cara kerja amunisi otomatis untuk membidik target pada tank tempur T-14 telah menggunakan sistem komputerisasi. Meskipun semua senjata dan teknologi telah dirancang dengan sistem komputerisasi, tank Rusia ini hanya perlu dua prajurit untuk mengoperasikannya.

0 Comment "Militer Rusia Mulai Uji Coba Tank Generasi Terbaru T-14 Armata"

Poskan Komentar