Jenderal Angkatan Darat Rusia Ajak Asean Kerjasama Amankan Laut China Selatan

Moskow – Menteri Pertahanan Rusia, yang merupakan Jenderal Angkatan Darat Rusia, Sergei Shoigu bertukar pandangan dengan rekan-rekan dari ASEAN tentang situasi di kawasan Asia-Pasifik dalam pertemuan informal antara Menteri Pertahanan Federasi Rusia dan ASEAN, 26/4/2016. Kepala departemen militer ini membahas pendekatan untuk memastikan tren keamanan dan pembangunan kerjasama Rusia-ASEAN di bidang militer.

Jenderal Sergei Shoigu mengatakan, membangun kerjasama dengan “sepuluh” negara ini, adalah salah satu prioritas dari Rusia. Kepala Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa pertemuan informal para menteri pertahanan Rusia dan Anggota Asosiasi Amerika, akan menjadi kontribusi penting untuk persiapan KTT Rusia-ASEAN, yang akan diselenggarakan pada bulan Mei tahun ini di Sochi.
Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu
Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu
Dalam pertemuan tersebut, Sergei Shoigu menggambarkan pandangan Kementerian Pertahanan Rusia pada tantangan utama dan ancaman terhadap keamanan di kawasan Asia-Pasifik. Di antaranya, Menteri Pertahanan Rusia menyoroti soal terorisme internasional, proliferasi senjata pemusnah massal, sengketa teritorial, pembajakan, perdagangan narkoba, dan kejahatan terorganisir.
Presiden Rusia Fladimir Putin dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu
Presiden Rusia Fladimir Putin dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu
Jenderal Angkatan Darat Sergei Shoigu mengatakan bahwa tidak ada wilayah di dunia yang tidak dilindungi dari ancaman terorisme, dan untuk melawannya memerlukan upaya bersama oleh semua negara. Kepala Kementerian Pertahanan Rusia memberitahu rekan-rekannya tentang hasil dari operasi anti-teroris Rusia di Suriah. Dia juga mencatat bahwa peningkatan interaksi dengan negara-negara ASEAN dalam memerangi terorisme merupakan faktor penting dalam memperkuat keamanan di kawasan Asia-Pasifik.

Hasil pertemuan ini akan menunjukkan pendekatan dari Rusia dan negara-negara anggota ASEAN, untuk penyelesaian konflik internasional, melawan tantangan baru dan ancaman, terutama terorisme, – kata Sergey Shoigu.

Menteri Pertahanan Rusia telah mengajukan proposal untuk pengembangan kerjasama multilateral dan bilateral dengan ASEAN di beberapa wilayah kepentingan bersama. Di antaranya untuk memerangi terorisme internasional, memastikan keselamatan di laut, bantuan pasca bencana alam dan bencana buatan manusia, kedokteran militer, serta ranjau kemanusiaan.
Pertemuan informal Menteri Pertahanan Federasi Rusia dan ASEAN, di Moskow
Pertemuan informal Menteri Pertahanan Federasi Rusia dan ASEAN, di Moskow, 26/4/2016.
Pemimpin delegasi militer ASEAN menyampaikan penghargaan atas kontribusi Rusia untuk penguatan keamanan dan stabilitas di kawasan Asia-Pasifik dan menyatakan minat mereka dalam membangun upaya Rusia dalam arah ini.

Pada akhir pertemuan informal Menteri Pertahanan Federasi Rusia Umum Sergei Shoigu Darat, mengadakan serangkaian pertemuan bilateral dengan mitra dari negara-negara anggota ASEAN untuk membahas isu-isu militer dan kerjasama militer-teknis. (function.mil.ru)

0 Comment "Jenderal Angkatan Darat Rusia Ajak Asean Kerjasama Amankan Laut China Selatan"

Poskan Komentar