Iran Pamerkan Tank Baru, Perkawinan AS-China

Angkatan Darat Iran pada 13 April 2016 lalu menunjukkan ke publik sejumlah kendaraan lapis baja termasuk tank Tiam, yang tampaknya menjadi perpaduan dari tank AS dan China.

Lambung Tiam mirip dengan M47M, varian dari M47 AS yang menggunakan mesin dari tank M60A1. M47M diproduksi di Iran dari 1970-an dan Iran meluncurkan versi modifikasi yang disebut Sabalan pada bulan April 2014. Sabalan dipersenjatai dengan meriam yang sepertinya 105 mm jenis L7.
Tiam Iran Tank
"Tiam" Tank terbaru buatan Iran
Tiam juga memiliki memiliki105 mm, tapi dipasang di menara yang kemungkinan diambil dari tank type 59/69 China.

Suprastruktur lambung M47M tampaknya telah ditingkatkan untuk mengakomodasi menara yang lebih besar dari Type 59.

Iran juga meluncurkan sistem pertahanan udara 57 mm self-propelled Shahram dan Bahman yang disebut kendaraaj deteksi senjata nuklir, kimia dan biologi.

Bahman terdiri dari menara cut-down mirip ZSU-57-2 Soviet. Sedang Shahram adalah pengangkut personel lapis baja yang mirip BTR-60.

Berbagai kendaraan lain dan sistem senjata yang terlihat selama 13 event April, termasuk beberapa Shir (versi Iran dari Chieftain) dan tank T-62.

Sementara terkait Tank Karrar yang sempat disebut Menteri Pertahanan Iran Februari lalu akan setara T-90 Rusia menurut Komandan Angkatan Darat Iran Brigadir Jenderal Ahmad Reza Pourdastan akan diluncurkan bulan depan.

0 Comment "Iran Pamerkan Tank Baru, Perkawinan AS-China"

Poskan Komentar