FA-50 Kejutkan Pilot Amerika

Debut pesawat latih serang ringan FA-50PH milik Filipina di latihan Balikatan disebut mendapat perhatian tersendiri dari pilot Amerika Serikat. Mereka menilai pesawat yang di Filipina dijuluki Fighting Eagle dan dibangun Korea Selatan ini setara dengan F-16 Fighting Falcon.

“Amerika terkesan. Latihan simulasi penerbangan pencegatan gabungan yang melibatkan dua agressor [dua Hawker Hunter] , karena navigasi canggih dan peralatan deteksi, FA-50 kami mampu dengan mudah melihat dan mencegat agresor dengan bantuan AWACS (pesawat peringatan udara dan sistem kontrol) yang berfungsi sebagai pengendali udara,” kata Juru Bicara Philippine Air Force (PAF) Kolonel Araus Roberto Musico sebagaimana dikutip Update Philippines Sabtu 16 April 2016.
FA-50 Filipina
FA-50 Angkatan udara Filipina
Latihan Balikatan tahun ini secara resmi mulai April 4 dan berakhir pada 15 April. Tahap udara dari manuver berlangsung selama minggu pertama latihan. “Secara umum, orang Amerika terkejut dengan kinerja pesawat, bahkan mengatakan bahwa itu pesawat ini mirip dengan F-16 awal [General Dynamics F-16 ‘Fighting Falcon’],” tambah Musico.

Filipina berencana memiliki 12 FA-50PH dari Korea Aerospace Industries (KAI). Dua unit pertama tiba pada 28 November lalu dengan 10 sisanya yang akan disampaikan selama 2016 dan 2017.

0 Comment "FA-50 Kejutkan Pilot Amerika"

Poskan Komentar