Cina Tempatkan 16 Pesawat Tempur Shenyang J-11 di Laut Cina Selatan

Washington – Cina telah mengerahkan jet tempur dalam jumlah besar ke Woody Island, salah satu pulau di Laut Cina Selatan yang disengketakan, kata seorang pejabat pertahanan AS, 14/4/2016.

Cina telah memindahkan 16 pesawat tempur canggih Shenyang J-11 ke Woody Island pada tanggal 7 April 2016, kata pejabat pertahanan, yang meminta anonimitas karena ia tidak berwenang untuk membahas masalah tersebut secara terbuka. Dia mengatakan penyebaran besar ini “belum pernah terjadi sebelumnya,” meskipun itu bukan pertama kalinya Cina mengirim jet tempur ke Woody Island, daratan terbesar di Kepulauan Paracel, yang terletak di wilayah Laut Cina Selatan yang disengketakan.
Shenyang J-11
Shenyang J-11
Positioning pesawat militer di pulau tampaknya bertentangan dengan janji Presiden China Xi Jinping untuk tidak melakukan militerisasi di Laut Cina Selatan, sebuah pernyataan yang dibuatnya saat mengunjungi Washington, DC pada bulan Februari 2016.

Para pejabat AS mengatakan penyebaran tersebut, di samping penumpukan senjata agresif di pulau buatan manusia di seluruh Laut Cina Selatan, juga mengancam stabilitas di kawasan tersebut. AS telah berulang kali menyerukan Cina dan negara-negara lain yang mengklaim wilayah sengketa di Laut Cina Selatan, yang merupakan kunci rute pelayaran internasional, untuk tidak melakukan militerisasi di daerah tersebut.

Menteri Pertahanan Ash Carter yang sekarang di Filipina, akan mengunjungi pangkalan Amerika Serikat di sana yang dianggap penting untuk melawan agresi Cina di wilayah tersebut. Wilayah di sekitar 100 mil timur dari Kepulauan Spratly yang diperebutkan, Cina telah menggunakan sekitar 2.000 hektare untuk meningkatkan terumbu karang ke pulau-pulau tersebut.

Carter mengatakan Amerika Serikat akan berinvestasi dan mengerahkan rotasi pasukan Amerika ke basis di Filipina.

“Hal ini penting bagi semua negara – China, Filipina, Vietnam, yang lain – untuk tidak terlibat dalam setiap langkah reklamasi pembangunan sepihak dan melakukan militerisasi,” kata Menteri Luar Negeri John Kerry pada bulan Februari 2016. “Faktanya adalah bahwa ada langkah-langkah China, Vietnam, dan yang lain yang telah menciptakan sebuah siklus konflik.”

Woody Island telah berada di bawah kendali Cina sejak tahun 1950-an, tetapi juga diklaim oleh Taiwan dan Vietnam. China pertama kali membangun landasan pacu di sana untuk menampung pesawat militer, termasuk jet tempur canggih, pada 1990-an. Landasan itu diperluas landasan pacu pada tahun 2014.

Pentagon telah mengkonfirmasi penyebaran skala yang lebih kecil dari jet tempur Cina untuk Woody Island di masa lalu, termasuk pada bulan November 2015 dan baru-baru ini pada bulan Februari 2016.

Fformasi baru yang diperolehpara pejabat Pentagon menunjukkan, China akan terus membangun militernya di Woody Island.

Foto satelit yang diambil oleh ImageSat International menunjukkan adanya sistem radar di Woody Island, yang akan memungkinkan China untuk menggunakan sistem rudal permukaan-ke-udara yang ditempatkan di sana pada bulan Februari 2016. citra menunjukkan sistem rudal permukaan-ke-udara di sisi timur pulau, dengan beberapa rudal dalam posisi siap menembak.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan kepada wartawan pada bulan Februari 2016, bahwa China “mengerahkan peralatan yang diperlukan, fasilitas defensif terbatas di wilayahnya sendiri.” (stripes.com)

0 Comment "Cina Tempatkan 16 Pesawat Tempur Shenyang J-11 di Laut Cina Selatan"

Poskan Komentar