China Pamerkan Desain Trimaran Tanpa Awak 13M

China telah meluncurkan konsep kapal trimaran tanpa awak (Unmanned Surface Vessel-USV) 13 m untuk pasar Asia Tenggara untuk pertama kalinya. Beijing berniat terus meningkatan ekspor persenjataan di asia tenggara meskipun ketegangan maritim antara China dan negara dikawasan itu terus meningkat.

Sebuah perusahaan milik negara Cina telah meluncurkan konsep trimaran tak berawak untuk Angkatan Laut dan lembaga penegak hukum di kawasan Asia Tenggara.
Unmanned Surface Vessel-USV
Unmanned Surface Vessel-USV
Boat buru sergap berkecepatan tinggi itu memiliki panjang 13 m, lebar 4 m dan draft 0,6 m.

“Ini adalah pertama kalinya kami memamerkan (USV 13M) di luar China”, kata Zhu Yingzi, kepada IHS Jane di pameran DSA 2016 di Kuala Lumpur pada 18 April. Zhu Yingzi adalah manajer perusahaan Poly Technologies program USV, anak perusahaan BUMN China Poly Group Corporation – sebuah perusahaan yang telah disahkan oleh Beijing untuk mengembangkan dan mempromosikan perangkat pertahanan buatan Cina kepada pasar luar.

“Interceptor telah dikembangkan oleh Poly Group Corporation bersama dengan Universitas Teknik Harbin. Sebuah prototipe dari USV saat ini sedang diuji oleh Angkatan Laut China (PLAN) dan kami (berharap memiliki) versi ekspor sekitar satu tahun lagi”, kata Zhu, seraya menambahkan prototipe USV saat ini sedang dikerahkan untuk membantu patroli di fasilitas Angkatan Laut China yang dirahasiakan.

Sesuai dengan spesifikasi yang diberikan oleh perusahaan, trimaran intersep ini dapat mencapai kecepatan hingga 80 knot dalam konfigurasi standar, dan dilengkapi kamera video resolusi tinggi dan datalink. Kapal USV juga dapat dikonfigurasi untuk mengikuti rute patroli yang telah ditentukan atau berpatroli secara mandiri. (Janes)

0 Comment "China Pamerkan Desain Trimaran Tanpa Awak 13M"

Poskan Komentar