Bertemu PM Tiongkok, Menko Polhukam Bahas Laut Cina Selatan

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Luhut Binsar Pandjaitan, akan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Tiongkok, Li Keqiang. Dalam pertemuan itu, akan dibahas mengenai masalah cyber defense, Laut Cina Selatan, serta terorisme.

“Saya pergi nanti siang, lalu pertemuannya besok. Kemudian hari Rabu diterima prime minister, lalu Rabu sore saya balik,” kata Luhut di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (25/04).
Kawasan laut China selatan
Kawasan laut China selatan
Luhut menjelaskan bahwa dirinya ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo untuk melakukan kunjungan kerja ke Tiongkok sebagai pertemuan yang rutin dilakukan. “Kunjungan ini sebenarnya dalam konteks regular meeting kami.Counterpart saya di Tiongkok ke sini beberapa waktu lalu, sekarang saya ke sana,” ujar Luhut.
Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan
Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan
Luhut menyatakan, hubungan diplomasi dengan Tiongkok akan terus dilakukan seiring dengan posisi Indonesia yang tidak berpihak pada siapa pun. Hubungan kerja sama dan diplomasi tetap akan dilakukan mengingat posisi Indonesia yang strategis.

Sebelumnya, pada 12 Agustus 2014, Presiden Joko Widodo pernah mengatakan bahwa Indonesia siap bertindak sebagai perantara untuk meredakan ketegangan yang terus meningkat terkait sengketa teritorial di Laut Cina Selatan.

Dalam sengketa itu, Beijing mengklaim sebagian besar wilayah Laut Cina Selatan. Klaim itu menempatkan Beijing dalam posisi berlawanan dengan sejumlah negara, termasuk Filipina dan Vietnam. (merdeka.com, kompas.com)

0 Comment "Bertemu PM Tiongkok, Menko Polhukam Bahas Laut Cina Selatan"

Poskan Komentar