Angkatan Udara Afrika Selatan Gunakan Cheetah untuk Lindungi Pesawat

Masalah yang semakin umum dihadapi oleh pesawat komersial dan militer adalah serangan burung. Hal ini terutama berlaku dari Afrika di mana ada populasi besar burung dan hewan darat kecil begitu banyak. Pangkalan udara militer, yang cenderung di daerah terpencil, menjadi lebih berisiko kemungkinan serangan burung atau hewan yang tiba-tiba nyelonong di jalur udara. Ada beberapa solusi cerdas untuk masalah ini.

Angkatan Udara Afrika Selatan mengembangkan cara yang unik dan efektif untuk menghalau bahaya ini yakni menggunakan cheetah. Binatang kecil dengan berat 28-65 kg ini biasanya menghindari manusia dan lebih memilih melawan binatang yang lebih kecil. Cheetah juga termasuk binatang yang paling mudah dijinakkan. Kucing besar ini bahkan sudah digunakan untuk berburu selama ribuan tahun, terutama di Afrika. Mesir kuno juga meninggalkan banyak catatan tentang ini.
Cheetah Kruger
Cheetah Kruger
Sebagaimana ditulis Strategypage, sejak 1990-an Angkatan Udara Afrika Selatan telah menggunakan cheetah untuk menjaga burung dan binatang kecil dari ruang udara militer. Afrika Selatan memiliki populasi liar besar cheetah serta program pemuliaan dalam negeri untuk menjaga populasi liar dalam jumlah layak. Banyaknya senjata api di pedesaan Afrika Selatan pada abad ke-20 telah mengancam keberadaan kucing ini.

Namun cheetah yang diangkat dalam program pemuliaan cukup nyaman di sekitar manusia yang akan dirilis ke pangkalan udara militer sehingga mereka dapat berburu (dan mengusir) konsentrasi besar burung atau binatang kecil yang jika dibiarkan akan menjadi ancaman besar bagi pendaratan atau lepas landas pesawat.

Cheetah jantan muda yang digunakan dalam misi ini, karena di alam liar mereka akan berburu bersama-sama sedangkan betina umumnya lebih memilih sendiro. Bidang udara mendapatkan sepasang cheetah jantan berusaia sekitar dua tahun. Dilengkapi dengan GPS (dalam kasus mereka terluka atau, jarang, lari) kucing ini melayani selama dua tahun sebelum kembali ke program pemuliaan dan akhirnya alam liar.

Sangat jarang cheetah melukai manusia, kecuali mereka merasa terancam. Di pangkalan militer semua personil diinstruksikan tentang bagaimana pentingnya untuk lebih baik membiarkan kucing besar itu saja jika mereka berkeliaran ke area kerja atau perumahan.

Cheetah juga mengejar beberapa burung yang jauh dari lapangan udara ketika cheetah liar menemukan burung yang dagingnya disukai.

0 Comment "Angkatan Udara Afrika Selatan Gunakan Cheetah untuk Lindungi Pesawat"

Poskan Komentar